4 Model Pembelajaran Anak SD Yang Menyenangkan dan Tidak Membosankan !

Metode anak SD di sekolah yang menyenangkan dan tidak membosankan diawali dari cara penyampaian terlebih dahulu. Profesi seorang guru harus bersikap profesional yang mengerti tetang metode dan cara memberikan pelajaran anak sekolah dasar dengan tepat. 

Para guru tentu harus mampu menyampaikan materi secara maksimal kepada siswa sekolah dasar (SD). Siswa sd memang masih dalam tahap pertumbuhan yang mesti di sesuaikan dengan pola mengajar yang baik.
Model pembelajaran anak sd sebagai desain yang menggambarkan proses rincian dan penciptaan lingkungan belajar lebih kondusif. Sehingga dapat membuat siswa berinteraksi dengan aktif untuk perkembangan dalam belajar yang tidak membosankan dan menyenangkan siswa.

Model Pembelajaran Anak Sekolah Dasar

Model pembelajaran yang digunakan untuk anak SD harus disesuaikan dengan materi dan tingkat pendidikan yang dihadapi. Model pembelajaran mengenai pelajaran anak SD biasanya lebih bersifat menyenangkan. Di bawah ini adalah contoh-contoh model pembelajaran :

1. Model Pendidikan Aktif Kreatif dan Menyenangkan Islami

adalah singkatan dari pendidikan aktif kreatif dan menyenangkan islami. Model ini menuntut anak agar bisa aktif dan kreatif dan menanamkan nilai-nilai keislaman. Sehingga lebih mudah di ingat, dan di praktekan siswa secara langsung.

2. Model Pembelajaran Contekstual Teaching Learning 

adalah sebuah pembelajaran dengan sejumlah kegiatan seperti kontruksivisme, bertanya, inkuiri, dan target. Misalnya belajar tentang Niat sholat tarawih, doa dalam keseharian, masyarakat belajar, refleksi serta penilaian.

Tujuannya menuntut anak juga untuk berpikir kreatif dengan membangun sendiri materi yang akan mereka dapatkan.

3. Metode Pembelajaran Collaborative Learning

Metode pembelajaran ini disebut  belajar kolaboratif. Tujuannya adalah kegiatan untuk belajar kelompok supaya siswa sd mampu bekerja sama memecahkan suatu masalah secara bersama.

4. Metode Pembelajaran Quantum Learning

Metode ini adalah untuk mengatasi rasa bosan siswa. Sehingga mereka betah belajar yang menyenangkan. 

Teknik Bimbingan Untuk Anak SD Yang Tidak Membosankan

Tehnik bimbingan belajar ini dilakukan cara individual yang tepat dan sesuai porsi anak SD, caranya sebagai berikut:
  • Directive Counseling : konselor untuk pemecahan masalah pada siswa.
  • Non-Directive Counseling: Memfokuskan pelayan kepada siswa yang bermasalah.
  • Elective Counseling: Fokus pada  masalah yang dihadapi siswa sd. 
Tujuan Penerapan Model Pembelajaran Anak SD yang Menyenangkan dan Tidak Membosankan

Model pembelajaran anak sd yang menyenangkan dan tidak membosankan penting di terapkan. Tujuannya supaya pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal.

Untuk mencapai tujuan keberhasilan dalam mengajar memang bukan hal yang mudah karena faktor usia anak masih kecil yang waktu asyiknya bermain.

Maka dari, model pembelajaran yang menyenangkan siswa sd perlu di terpakan supaya tidak membosankan.

Mengajar anak sd tidak perlu dengan serius karena masih anak-anak. Untuk siswa nyaman maka berikan hadiah permen atau alat sekolah bagi siswa yang juara. Tujuannya supaya siswa sd lebih semangat belajar dengan baik.

Sebagai tenaga pendidik harus memiliki sifat sabar dan mempelajari model pembelajaran anak sekolah dasar supaya siswa betah belajar dan tidak bosan di kelas. 
Mesti harus sabar dan yakin dengan ilmu yang di ajarkan kepada siswa akan tersampaikan dengan baik.

Guru perlu sabar karena ini akan memengaruhi perkembangan siswa itu sendiri. Jika guru sering memperlihatkan kekerasan, maka siswa mengikuti karakter guru. 

Maka sangat perlu mengajar dengan model pembelajaran yang menyenangkan. Sehingga siswa tidak merasa bosan dan semakin semangat dalam belajar. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Metode Belajar Les Untuk Anak SD Kelas 2

Tips Mengatasi Si Kecil Yang Susah Buang Air Besar

10 Jenis Permainan Anak Yang Mendidik dan Bermanfaat